Apa Saja Manfaat Buah Arbei? Berikut Penjelasannya

Manfaat buah arbei ternyata sangat banyak terutama untuk kesehatan tubuh. Buah ini juga dapat ditemukan dengan mudah terutama di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Buah arbei juga tidak membutuhkan lahan luas sebagai tempat tumbuhnya.

Kandungan gizi dalam seratus gram buah arbei di antaranya adalah energi sebanyak 37 kkal, protein sebanyak 0.8 gram, lemak sebanyak 0.5 miligram, karbohidrat sebanyak 8.3 gram, asam folat sebanyak 30 mcg, kalsium sebanyak 28 mg, fosfor sebanyak 27 mg, vitamin A sebanyak 60 SI, vitamin B sebanyak 0.003 mg dan air sebanayk 89.9 gram.

Buah arbei hampir mirip seperti buah anggur dengan variasi warna merah dan ungu. Namun perbedaannya, ukuran buah ini lebih kecil dibandingkan dengan buah anggur. Buah arbei digolongkan ke dalam jenis buah yang mewah. Buah ini biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan, terutama makanan berjenis kue. Walaupun ukurannya cenderung kecil, buah arbei punya kandungan gizi yang cukup lengkap.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah arbei dijamin dapat memenuhi kebutuhan gizi Anda dan keluarga setiap hari. Senyawa mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor dan juga mangan ada pada buah ini. Selain itu, vitamin C, A, dan juga E dapat Anda dapatkan jika mengonsumsi buah arbei. Khasiat arbei dengan semua kandungan tersebut pastinya akan memberikan Anda tubuh yang lebih sehat

Lalu Apa saja Manfaat Buah Arbei?

1. Melawan Kanker

Kandungan karotenoid yang terdapat dalam buah arbei merupakan manfaat antioksidan, ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah ke pembentukan sel-sel kanker. Bagi yang mengkonsumsi buah arbei ini, tidak akan mudah terserang kanker.Dengan kandungan karotenoid yang ada di dalam buah arbei termasuk antioksidan Ternyata bisa mengurangi segala resiko penyakit kanker. Selain daripada itu, dengan kandungan ini juga dapat mengganggu atau mencegah proses yang bisa mengarah pada pembentukan beberap sel kanker. Bagi anda yang mengonsumsi buah arbei ini maka anda tak akan mudah terkena penyakit kanker.

2. Mengobati Tumor

Peneliti dari Australia menemukan bahwa buah arbei langka yang berada di ujung utara negara bagian Queensland adalah obat tumor yang mampu dikembangkan. Senyawa buah arbei ini bisa mematikan tumor kepala dan leher serta benih tumor itu sendiri. Senyawa itu bekerja dengan cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah dan kemudia mengaktivasi sistem pertahanan tubuh yang dirusak akibat tumor. Tak ada efek samping sama sekali, justru senyawa itu bekerja lebih cepat dari yang telah diduga sebelumnya.

3. Menjaga kepadatan dan menguatkan gigi serta tulang

Kalsium dan magnesium dalam buah arbei adalah kunci dari solusi Anda untuk menjaga dan menguatkan tulang dan gigi. Tulang dan gigi yang sehat akan menghindarkan Anda dari pengeroposan tulang yang cepat.

4. Menambah stamina tubuh

Buah arbei juga sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari sebagai penambah stamina. Buatlah jus dari sari buah ini dan minumlah setiap hari sebelum Anda memulai aktivitas. Khasiat arbei ini bisa Anda dapatkan untuk seluruh anggota keluarga.

5. Mencegah penyakit pada organ hati

Kandungan dalam buah arbei mampu mencegah Anda dari penyakit hati yang cukup berbahaya, yaitu penyakit kuning dan hepatitis. Sebelum Anda terjangkit kedua penyakit tersebut, konsumsilah buah ini setiap hari.

Manfaat Buah Arbei | Buah arbei atau yang biasa kita sebut buah berry yaitu buah yang senantiasa biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Kemudian di Indonesia itu sendiri, buah arbei sangat mudah kita jumpai karena buah arbei ini bisa tumbuh secara baik meskipun berada pada iklim tropis seperti di Indonesia. Bahkan untuk perkembangbiakan dari buah arbei ini tergolong sangat mudah dan sederhana. Selain tak membutuhkan lahan yang luas, ternyata buah arbei juga bisa kita tanam dalam pot yang besar.

Manfaat Buah Arbei | Buah arbei atau yang biasa kita sebut buah berry yaitu buah yang senantiasa biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Kemudian di Indonesia itu sendiri, buah arbei sangat mudah kita jumpai karena buah arbei ini bisa tumbuh secara baik meskipun berada pada iklim tropis seperti di Indonesia. Bahkan untuk perkembangbiakan dari buah arbei ini tergolong sangat mudah dan sederhana. Selain tak membutuhkan lahan yang luas, ternyata buah arbei juga bisa kita tanam dalam pot yang besar.

Meskipun sangat mudah dikembangkan, hal tersebut tak mempengaruhi sensasi dari buah arbei itu sendiri. Selain memiliki rasa yang enak, agak segar dan asam. Pada buah ini juga mempunyai warna yang merah atau kehitaman dimana sesuai dengan varietasnya.

Kandungan Buah Arbei

Adapun beberapa komposisi nutrisi yang terkandung pada manfaat buah arbei ini. Berdasarkan dari daftar komposisi bahan makanan (DKBM) bahwa untuk setiap 100 gram buah arbei memiliki kandungan berupa:

– air sebanyak 89.9 gram.

– vitamin B1 sebanyak 0.003 mg

– vitamin A (baca: Manfaat Vitamin A) sebanyak 60 SI

– fosfor (baca: Manfaat fosfor) sebanyak 27 mg

– kalsium (baca: manfaat kalsium) sebanyak 28 mg

– asam folat (baca: manfaat asam folat) sebanyak 30 mcg

– karbohidrat (baca: manfaat karbohidrat) sebanyak 8.3 gr

– Lemak (baca: manfaat lemak) sebanyak 0.5 mg

– Protein (baca: manfaat protein) sebanyak 0.8 gr

– Energi (baca: Manfaat Energi) sebanyak 37 kkal.

Dengan kandungan buah arbei maka dapat disimpulkan bahwa manfaat buah arbei sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Buah arbei atau yang biasanya juga disebut dengan buah berry, adalah buah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri, buah arbei cukup mudah untuk ditemukan karena buah ini dapat tumbuh dengan baik walaupun tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Bahkan, pengembakbiakan buah arbei ini terbilang sangat gampang dan sederhana. Selain tidak memerlukan lahan yang luas, buah arbei juga dapat ditanam di pot besar.

Walaupun mudah dalam dikembangkan, hal ini tidak mempengaruhi sensasi buah arbei itu sendiri. Selain rasanya enak, agak asam dan segar, buah ini juga memiliki warna merah atau kehitaman sesuai dengan varietasnya.

Manfaat buah arbei juga mengandung saponin (glikosida yang banyak ditemukan dalam tumbuhan), favonoida (senyawa kimia aktif yang dikenal dengan nama silimarin dapat dipakai sebagai obat atau pelindung dari penyakit hati), polifenol (sebagai antioksidan), memiliki sifat antioksidan, memiliki sifat anti bakteri dan vitamin C.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter