√ 8 Makanan dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Perut Kembung


Makanan dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Perut Kembung - Ketika kita sedang mengkonsumsi makanan, maka system pencernaan kita akan bekerja untuk memecahkan makanan menjadi energy yang nantinya digunakan untuk menyalakan sel, bahan bakar berbagai proses tubuh serta fungsi dari tubuh.

Terkadang usus kita akan menemukan makanan tertentu yang sulit sekali untuk dipecahkan dan diproses menjadi energy. Akhirnya zat itu nantinya akan dibuang menjadi limbah. Limbah dan gas merupakan produk sisa dari makanan yang tidak bisa diproses dengan baik.

Limbah itu nantinya akan masuk ke usus besar. Usus besar merupakan tempat yang penuh bakteri. Bakteri dalam usus besar nantinya akan memfermentasi berbagai partikel yang sudah tercerna dari makanan. Hasil fermentasi dari partikel makanan tadi akan berubah menjadi gas.

Gas bisa juga disebabkan oleh makanan yang tidak terurai dengan baik yang ada di dalam usus kecil. Usus kecil mengandung enzim lactase dalam jumlah yang sedikit. Enzim lactase berfungsi sebagai pemecah laktosa, gula yang ada di dalam susu maupun berbagai produk susu. Bila laktosa tidak mampu diuraikan dengan baik, maka bakteri akan memfermentasi laktosa dan menjadi gas dan menyebabkan perut menjadi kembung.

Umumnya, perut kembung bukanlah suatu masalah atau gangguan kesehatan yang serius. Namun, kondisi seperti ini bisa membuat kita merasa sangat tidak nyaman.

Terkadang perut kembung bisa jadi merupakan salah satu gejala dari masalah kesehatan yang sangat serius. Maka dari itu, bila anda terlalu sering mengalami perut kembung, sebaiknya segeralah konsultasikan hal tersebut pada dokter ahli untuk segera ditangani.

Salah satu penyebab utama dari perut kembung adalah makanan. Kandungan gas yang berlebihan dalam makanan lah yang paling sering menyebabkan munculnya perut kembung. Sayangnya, beberapa jenis makanan yang menyebabkan perut kembung, justru merupakan jenis makanan yang menyehatkan.

Langkah yang paling tepat adalah mengkonsumsi makanan secara bijaksana. Bila kita menjauhi makanan tersebut, nantinya kita justru akan mengalami kekurangan nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung, adalah:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan serat. Kacang-kacangan memang merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Namun, mengkonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan terbentuknya gas dan membuat kita mengalami masalah perut kembung. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah kacang-kacangan dalam porsi kecil dan jangan dalam jumlah yang berlebihan.

2. Kubis

Sayuran kubis dan kerabatnya kaya akan vitamin, mineral, antioksidan serta kandungan rafinosa. Rafinosa merupakan golongan serat yang sulit sekali untuk diuraikan. Karena sulit untuk diuraikan, maka nantinya akan menyebabkan gas serta perut kembung. Sebaiknya konsumsi kubis secukupnya saja. Kubis yang dimasak dengan cara dikukus, mampu mengurangi efek kelebihan gas dalam perut.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi pada dasarnya adalah minuman yang bercampur dengan udara. Jadi, meminum minuman bersoda maupun minuman berkarbonasi sama saja dengan menelan udara. Setelah minum minuman bersoda anda mungkin akan mengeluarkan gas secara spontan dengan bersendawa. Namun sebagian gas masih terjebak di dalam perut anda. Gas yang terjebak di dalam perut inilah yang menyebabkan anda mengalami perut kembung.

4. Permen

Permen yang terlalu keras maupun permen karet juga dapat menyebabkan anda mengalami kembung. Permen karet membuat anda melakukan gerakan mengunyah secara terus menerus. Gerakan mengunyah ini akan membuat angin masuk ke dalam mulut dan menuju ke perut. Angin yang berlebihan dan bersatu dengan gas dalam perut menyebabkan anda mengalami perut kembung.

5. Makanan berlemak dan berminyak

Mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak juga bisa menyebabkan perut kembung. Lemak mampu memperlambat kerja system pencernaan dalam mencerna makanan, sehingga makanan tersebut akan langsung menuju ke usus kecil dan berkumpul disitu. Begitu juga dengan makanan yang berminyak. Makanan yang berminyak membutuhkan waktu yang lama untuk diuraikan dalam perut. Makanan berminyak justru memberikan efek yang lebih buruk dalam perut kita. Maka dari itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan berlemak maupun makanan berminyak secara berlebihan.

6. Makanan yang mengandung pemanis

Makanan yang mengandung pemanis juga mampu menyebabkan perut kembung. Kebanyakan makanan yangmengandung pemanis sulit sekali untuk dicerna secara optimal. Sisa-sisa dari makanan yang mengandung pemanis akan masuk ke usus besar dalam jumlah yang banyak dan langsung difermentasikan oleh bakteri yang ada di dalam salurna pencernaan. Beberapa jenis makanan yang katanya rendah kalori, justru kaya akan pemanis yang sulit untuk dicerna. Jadi sebaiknya kurangi makanan-makanan yang seperti itu.

7. Susu dan produk olahan susu

Susu serta berbagai produk olahan susu akan membuat seseorang mengalami perut kembung. Terlebih lagi bila orang tersebut mengidap intoleransi laktosa. Kondisi intoleransi laktosa akan menyebabkan seseorang tidak mampu mencerna gula yang terkandung di dalam susu. Untuk mengatasi hal seperti ini, anda bisa mengganti susu dengan mengkonsumsi susu bebas laktosa maupun susu kedelai.

8. Gandum

Gandum sebenarnya merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan serat dan nutrisi penting untuk menunjang kesehatan. Sayangnya, serat yang bercampur dengan pati akan membuat kita mengalami perut kembung. Semakin banyak yang kita konsumsi, maka perut kita akan semakin terasa tidak nyaman. Untungnya, tubuh kita mampu beradaptasi dengan serat. Jadi gas yang berlebihan dalam perut akan berkurang sedikit demi sedikit. Itupun bila kita konsumsi dalam batas wajar.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter